Wisata Gunung Bromo yang Wajib Dikunjungi Bila Sedang ke Jatim

Apabila anda sedang berkunjung entah dalam rangka kerja atau melakukan wisata di Jawa Timur, belum komplit rasanya apabila belum berkunjung ke satu di antara Wisata Alam Jatim yang begitu populer ini yaitu wisata gunung Bromo.
Ya, siapa saja tentu pernah mendengar keindahan Gunung Bromo, gunung yang terdapat di lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mempunyai kekhasan dengan pasir laut seluas 5. 250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. Wisata Gunung Bromo layak diagendakan waktu anda bertandang lakukan wisata di Malang

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur sangatlah populer dengan keindahan alamnya, umpamanya seperti Lautan Pasir serta Matahari Terbit atau sunrise nya. Diluar itu juga populer dengan beragam upacara masyarakat suku Tengger yang sebagian besar dari mereka memeluk agama Hindhu, semua bisa Anda saksikan saat melakukan wisata gunung bromo

Gunung Bromo ditempati oleh masyarakat suku Tengger yang meyakini kalau Gunung Bromo adalah tempat di mana seseorang pangeran mengorbankan hidup untuk keluarganya. Tengger berasal dari legenda kisah Roro Anteng dan Joko Seger. Orang-orang disini lakukan festival Yadnya Kasada atau Kasodo satu tahun sekali dengan menghadirkan sayuran, ayam, serta duit yang dibuang kedalam kawah gunung berapi untuk dipersembahkan untuk pada dewa menurut kepercayaan mereka.

Gunung Bromo datang dari kata Brahma (salah seseorang Dewa agama Hindu). Bromo adalah gunung api yang masihlah aktif serta populer sebagai ikon wisata Jawa Timur. Gunung ini tak sebesar gunung api yang lain di Indonesia namun mempunyai pemandangannya yang spektakuler serta dramatis. Keindahannya yang mengagumkan bikin wisatawan yang mengunjunginya bakal berdecak mengagumi akan keindahannya. Hampir sepanjang tahun banyak yang berkunjung ke gunung bromo, baik itu wisatawan lokal, wisatawan domestik, maupun wisatawan mancanegara

Dari puncak Gunung Penanjakan di ketinggian 2.770 mdl , wisatawan berdatangan untuk lihat sunrise Gunung Bromo. Pemandangannya sungguh mengagumkan saat matahari terbit, saat itu yang terdengar hanyalah suara jepretan dari kamera wisatawan yang tak henti-hentinya mengabadikan moment keindahan alam yg tidak dapat diperoleh ditempat lain. Waktu sunrise begitu mengagumkan di mana Anda bakal lihat latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari terlalu jauh serta matahari bercahaya jelas naik ke langit, indahnya wisata gunung bromo

Wisata Gunung Bromo
Add caption


Erupsi Gunung Bromo Fenomena Alam Yang Menakjubkan

Apalagi saat ini sedang terjadi erupsi gunung bromo sejak bulan desember 2015 yang menambah keindahannya. Fenomena alam erupsi bromo ini terjadi setiap lima tahun sekali. Semburan asapnya seperti yang lihat foto erupsi gunung bromo di atas yang begitu eksotis karena disebabkan oleh material yang dikeluarkan dari dalam kawah gunung bromo. Saat tulisan ini dibuat oleh situs hotel jatim, erupsi bromo masih berlangsung. Banyak sekali para photographer yang datang ke sana untuk mengabadikan erupsi bromo, terutama para penghobi fotografi landscape sambil ngopi santai di sana.

Erupsi Gunung Bromo adalah terjadinya semburan material yang berupa batu-batu kerikil dan debu vulkanik. Karena dianggap cukup berbahaya maka para wisatawan dilarang mendekat ke kawah gunung bromo. Namun jangan kuatir, anda masih bisa menikmati pemandangan erupsi bromo dari tempat yang aman dengan leluasa, misalnya dari kawasan jemplang maupun penanjakan atau bukit cinta.

Nikmati wisata gunung bromo dengan pemandangan hamparan lautan pasir luas, melihat kemegahan Gunung Semeru yang menjulang meraih langit, dan memandang indahnya Matahari beranjak keluar dari peraduannya atau demikian sebaliknya nikmati temaram senja dari punggung bukit Bromo yang merupakan pengalaman yang takan terlupakan waktu berkunjung ke gunung Bromo yang merupakan tempat wisata jatim ini.

Waktu yang tepat untuk melakukan Wisata Gunung Bromo

Apabila ingin mengadakan wisata gunung bromo, datanglah pada bulan Kasada/ke-sepuluh (umumnya sekitar bulan September hingga November) serta saksikan festival Kasada tahunan di mana suku Tengger datang ke Bromo melemparkan sesajen yang terbagi dalam sayuran, ayam, serta duit kedalam kawah gunung berapi. Kami dari situs hotel jawa timur siap memberikan referensi berbagai info penginapan dan hotel di bromo dan sekitarnya

Rute dan Jalur menuju Gunung Bromo

Untuk menuju lokasi gunung bromo banyak rute dan jalur menuju gunung bromo yang bisa di tempuh. Jika Anda dari luar daerah jawa timur bisa transit menuju bandara atau stasiun atau terminal di Surabaya atau Malang. Jika sudah tiba di kawasan surabaya atau malang dan tentukan arah dan jalur mana yang Anda ambil untuk menuju lokasi gunung bromo sebab destinasi wisata jawa timur ini berada di 4 perbatasan wilayah kabupaten di jawa timur, masing masing perbatasan ada pintu masuk menuju lokasi gunung bromo.Perbatasan wilayah di jawa timur diantaranya kabupaten malang, kabupaten pasuruan, kabupaten probolinggo dan kabupaten lumajang.
Jika Anda belum pernah berkunjung ke bromo mungkin akan kebingungan menuju lokasi gunung bromo

Rute Dan Jalur Menuju Wisata Gunung Bromo Dari Surabaya

Untuk pengunjung yang merencanakan tour ke bromo dari surabaya berikut ini jalur ke bromo dari surabaya yang harus Anda tempuh.
Dari Kota Surabaya baik dari terminal/bandara maupun stasiun ada beberapa pilihan jalur yang bisa Anda gunakan.
1. Surabaya – Malang – Tumpang – Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – G. Bromo
2. Surabaya – Pasuruan – Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Dingklik – Penanjakan – Laut Pasir – G. Bromo
3. Surabaya – Tongas (Probolinggo) – Sukapura – Cemorolawang – Bromo

Rute Dan Jalur Menuju Wisata Gunung Bromo Dari Malang

Selain kota Surabaya, ada kota malang yaitu kota terbesar ke dua di kawasan Jawa Timur, Untuk ke bromo dari kota malang bisa transit menuju terminal, bandara atau stasiun. Dan berikut detail rute perjalanan dan jalur ke bromo dari malang.
1. Malang – Tumpang – Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – G. Bromo
2. Malang – Pasuruan – Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Dingklik – Penanjakan – Lautan Pasir – G. Bromo
3. Malang – Tongas (Probolinggo) – Sukapura – Cemorolawang – Bromo
Dari beberapa ulasan diatas mengenai Rute Dan Jalur Menuju Bromo Dari Malang – Surabaya lebih mudah dan paling ramai yang diambil oleh wisatawan yang datang ke kawasan objek wisata gunung bromo yaitu jalur ke bromo dari malang dan surabaya melalui tongas probolinggo.
Karena dengan jalur ini jika anda ingin bermalam di gunung bromo banyak sekali pilihan homestay, hotel dan penginapan yang tersedia selain itu persewaan jeep juga mudah di dapat di kawasan ini.
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai wisata Gunung Bromo yang tidak pernah membosankan. Kami dari situs hotel jatim akan terus menambahkan berbagai info tempat wisata di jatim yang kami persembahkan untuk Anda.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar