3 Peluang Usaha Untuk Guru Sebagai Pekerjaan Sampingan

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena anda berperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Membagi ilmu kepada murid-murid adalah kesenangan tersendiri bagi mereka yang berprofesi sebagai guru meskipun gaji atau penghasilan yang mereka terima jauh dari apa yang diharapkan khususnya bagi guru yang masih berstatus sebagai guru honorer.
Kondisi seperti ini seringkali membuat seorang guru harus mencari pekerjaan tambahan untuk memenuhi kebutuhannya. Jika kebetulan anda seorang guru yang ingin menjalankan usaha maka berikut peluang usaha untuk Guru dan sebagai pekerjaan sampingan yang cocok untuk guru seperti anda


Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Guru

Usaha bimbingan belajar.

Usaha sampingan berikut ini masih ada kaitannya dengan profesi anda sebagai guru, karena masih seputar proses belajar dan mengajar, hanya saja waktu dan tempatnya yang tidak sama. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa anda jalankan di rumah. Anda bisa memanfaatkan ruang tamu sebagai tempat les, atau jika punya ruangan khusus maka itu lebih baik.
Jika rumah anda tidak memungkinkan untuk menjalankan proses belajar mengajar, maka anda bisa menjalankan usaha bimbingan belajar ini secara privat. Artinya proses belajar dilaksanakan di rumah siswa, jadi anda yang harus mendatangi rumah siswa satu persatu. Memang akan membutuhkan tenaga ekstra tapi jangan khawatir karena fee untuk privat bisa dipastikan lebih besar. Jika anda tidak punya banyak waktu untuk mendatangi rumah siswa satu persatu atau karena jam les privat anda sudah penuh, anda bisa menjadikan teman guru anda sebagai tentor yang mewakili anda atau usaha bimbingan belajar anda dan mengambil sedikit margin keuntungan.

sumber foto


Menjadi supplier koperasi.

Peluang usaha sampingan yang cocok untuk guru berikutnya adalah sebagai supplier koperasi. Yang dimaksud supplier kopersai disini adalah anda mensuplay atau menyediakan barang-barang yang di butuhkan koperasi untuk dijual kembali ke siswa-siswi sekolahan seperti alat tulis, seragam sekolah, alat peraga bahkan buku-buku pelajaran.
Untuk memulai usaha ini yang anda perlukan adalah mencari informasi tentang tempat grosir barang-barang yang dibutuhkan koperasi, semakin murah semakin bagus. Selama harga yang anda tawarkan sama atau bahkan lebih murah dari supplier lainnya pasti koperasi akan mengambil barang dari anda.

Berjualan makanan di kantin sekolah.

Jika di sekolahan tempat anda mengajar terdapat kantin sekolah maka anda bisa memanfaatkan kantin tersebut untuk berjualan makanan dengan cara konsinyasi atau titip jual. Ada banyak makanan yang diminati siswa-siswi sekolah seperti gorengan, donat, keripik, roti dan yang lainnya. Anda bisa membuatnya sendiri atau jika tidak ingin repot bisa langsung membelinya ke pasar atau tempat grosir.

Sebenarnya masih banyak dan ada peluang usaha sampingan yang cocok untuk guru yang bisa dijalankan disela-sela pekerjaan anda sebagai guru, seperti berjualan online, menjadi penulis, membuka usaha kuliner dirumah dan masih banyak lagi. Tapi menurut saya, 3 peluang usaha sampingan diatas benar-benar masih berkaitan dengan profesi anda sebagai guru.
Semoga semangat pengabdian mendidik anak bangsa tetap menyala…

1 komentar:

  1. Hai mbak,salam kenal. Benar sekali karna saya melakukan dua dari usaha sampingan tersebut. Lesprivat dan stoking koperasi,hihihi

    BalasHapus